Tips Jitu Cara Menjaga Kelembaban Kulit

00.22

Hallo everyoneee~~~


Kali ini aku mau bahas cara menjaga kelembaban kulit terutama saat bulan Ramadhan. Ternyata terjadi perubahan pada kulit kita selama bulan Ramadhan yang diakibatkan berbagai faktor, salah satunya perubahan pola tidur kita. Terbangun tengah malam untuk melakukan sahur mengakibatkan kita kekurangan jam tidur yang dapat merukas kolagen dan mengurangi kekencangan kulit. Selain itu selama puasa banyak dari kita yang berhenti berolah raga dan bergerak, hal ini dapat menyebabkan kulit jadi lebih kusam dan mengurangi kekencangan kulit loh. Ditambah saat berpuasa kita menjadi lebih konsumtif dan lapar mata dan biasanya banyak mengkonsumsi jajanan buka seperti gorengan. Makanan seperti itu dapat menyebakan tubuh kurang nutrisi. Padahal, selama bulan Ramadhan tubuh baru bisa mendapatkan cairan (dari makanan) pada sore hari sehingga resiko kulit kering atau kulit dehidrasi menjadi lebih tinggi. Untuk itu, dibutuhkan persiapan supaya kulit tidak ikut berpuasa. Tapi dari semua kendala yang tubuh kita hadapi selama Ramadhan, ternyata solusinya hanya satu merawat dan mutrisi diri kita dari luar.

Gangguan pada tubuh dan kelembaban kulit ternyata bukan cuma terjadi karena faktor internal seperti makanan dan waktu tidur tapi bekerja dibawah sinar matahari terus menerus juga tidak baik untuk kesehatan kulit, sebaliknya berada terus menerus di ruangan AC juga dapat mempercepat kulit kering. Setiap harinya, kulit kehilangan cairan sebanyak ½ liter yang dapat mengakibatkan kulit kering. Sebelum banyak membaca dan diskusi  aku yang kebetulan bekerja di ruangan ber-AC berfikir saat kulit kering, sering membasuh tangan atau bagian tubuh akan membuat tubuh lebih “segar” hahahah ternyata efek yang ditimbulkan justru sebaliknya. Membasuh bagian tubuh seperti cuci muka, mandi atau pun wudhu dapat menghilangkan kelembapan alaminya (natural moisturizing factor). Kenapa ? karena air yang kita gunakan sekarang itu sudah tidak murni dan banyak terkontaminasi timbal, dan kandungan lainya. Lalu apakan karena hal hal tersebut kita jadi takut berpuasa dan berwudhu ?

Jangan kuatir karena ternyata ada solusi mudah agar ibadah kita tetap berlangsung dengan baik tanpa mengganggu kelembaban kulit. Seperti yang sudah aku singgung sebelumnya, solusinya untuk menjaga kelembaban kulit adalah dengan merawat dan mutrisi diri kita dari luar. Analogi sederhananya adalah saat cuci muka dengan dengan air dan facial wash, kita dianjurkan menggunakan toner sebelum melakukan step selanjutnya untuk menetralkan wajah kita dari air yang sudah terkontaminasi bahan bahan yang berbahaya, sama dengan kulit tubuh setelah terkena air dianjurkan juga menggunakan body lotion untuk menjaga kelembaban kulit.

Selama bulan Ramadhan ini aku menjalanka 3 cara mudah untuk menjaga kelembaban kulit selama bulan Ramadhan :

1. Selain minum minimal 8 gelas sehari untuk hidrasi tubuh, kita   juga   membutuhkan   bantuan   body   lotion  untuk   mengembalikan kelembapan kulit. Pastikan asupan  cairan  yang cukup  saat sahur dan berbuka puasa dan makan yang bernutrisi karena   aktivitas   harian   kita.

2. Meski berpuasa sebaiknya kita tidak mengurangi aktivitas  olah raga, kita bisa melakuna olah raga 30 -1 jam sebelum berbuka.

3. Selain itu, tentunya tetap  mengaplikasikan Vaseline 5 kali sehari terutama pada saat terpapar pada faktor-faktor yang menyebabkan kulit kering agar terhindar dari masalah kulit dehidrasi. Jadi setelah wudhu dan shalat lima waktu jangan lupa mengaplikasian body lotion juga agar kulit tetap lembab.

Pasti kalian bertanya tanya mengapa harus 5 kali sehari ?  mengapa kita perlu untuk menjaga kelembaban kulit dengan teratur ? karena Kulit yang benar-benar sehat bukanlah hal yang bisa didapatkan dengan menutupi masalah atau melalui perbaikan instan. Siklus regenerasi kulit adalah tiap 28 hari. Kulit membutuhkan kelembapan yang cukup agar dapat beregenerasi secara optimal. Dan seperti yang sudah saya ulat diatas, kelembapan alami kulit menghilang seiring basuhan air yang mengering dari permukaan kulit.



Sempat aku singgung sebelumnya bahwa body lotion yang aku gunakan adalah Vaseline. Sehari hari aku menggunakan product ini karena banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh Vaseline : 

1. Brand ini sudah ada pada abad ke-19. Kebayang gasih seberapa lama itu ? kenapa bisa bertahan lama seperti itu ? Karena bahan yang digunakan dalam product Vaseline itu asli dan melewati tiga tahap pemurnian sebagai inti dari setiap produk karena tidak ada jelly lain dengan sejarah lebih lama dalam melembabkan dan memperbaiki kulit kering. Sehingga kualitasnya udah gak perlu diragukan lagi.

2.Vaselin tidak menggunakan zat warna yang dapat merusak kulit dan dapat menyebabkan alergi pada kulit yang sensitive.

3.Kandungan pengharum pada Vaseline tidak berlebihan dan dapat menyebabkan iritasi atau alergi. Aromanya lebih ringan dan segar.

4. Tidak lengket. Buat aku penting untuk memilih Lotion yang tidak meimbulkan rasa lengket saat dipakai karena lotion yang baik akan mudah diserap kulit dan tidak menimbulkan rasa lengket. Tapi perlu diingat, sensasi lengket yang dapat dialami setiap orang tentu berbeda. Ada lotion yang membuat seseorang nyaman, namun terasa terlalu lengket bagi orang lain. Jadi, sesuaikan lotion dengan jenis kulit dan kenyamanan pribadi Anda. Pilih lotion yang cocok dan nyaman bagi Anda sehingga bisa menggunakannya secara rutin.

5. Harga bersahabat. Sebagai anak kos aku kayanya gak sanggup afford lotion mahal untuk digunakan 5 kali dalam sehari deh, tapi apa salahnya menggunakan Vaselin yang sesuai budget dengan komposisi dan kandungan yang sudah baik untuk kulit. Hemat bukan berate beli lotion abal abal yaaa, kita tentu harus melihat kualitasnya juga.

Vaseline memiliki banyak pilihan varian sesuai kebutuhan kulit kita. Aku pribadi sekarang lagu suka pakai VASELINE® INTENSIVE CARE™ ALOE SOOTHE LOTION. Varian ini terdiri dari ukuran 100ml, 200ml dan 400ml. Varian ini paling cocok untuk kulit kering atau pecah-pecah dan di claim terbukti secara klinis melembabkan sampai ke dalam* untuk memperbaiki dan menyegarkan kulit kering hingga 24 jam. Tapi yang penting untuk aku lotion ini cepat menyerap dan tidak menimbulkan rasa lengket serta Mengandung pure aloe extract yang baik dan dibutuhkan untuk kulit aku.






Komposisi :
Water, Glycerin, Stearic Acid, Glycol Stearate, Isopropyl Palmitate, Petrolaum, Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder, Glyceryl Stearate, Lactic Acid, Cetyl Alcohol, Dimethicone, Tapioca Starch, Triethanolamine, Carbomer, Perfume, Titanium Dioxide, Disodium EDTA, Stearamide Amp, Potassium Sorbate, Phenoxyethanol, Methylparaben, Propylparaben.


Masing masing kulit memiliki problem dan masalah yang berbeda, kalian bisa intip di sini untuk mengatahui berbagai macam Varian yang dimiliki Vaseline.Nahhh setelah baca artikel aku jangan lagi membiarkan kulit kita untuk ikut “berpuasa” ya teman2. Selamat berpuasa, Shalat 5 waktu dan jangan lupa #Vaseline5waktu nya!



DISCLAIMER :


Even I got sample product from Vaseline, all opinions and thoughts on everything featured in this blog is my honest opinion, I will never sway my opinion just because something has been sent to me.

None of the contents or opinions are ever meant to harm or malign any religion, ethnic group, club, organization, any brand or institution. Apology in advance if it comes across that way.


I would do my best to provide accurate information, but please understand that I am not a makeup artist, medical doctor or expert in any field. Please do not consider my opinions to be substitutes for professional advice.

The info in the blog may change without notice, correction or might be updated. It may not always reflect the most current development. I Also may delete some posts if I dont use the product anymore or all of sudden It has bad effect to my skin/body.

The content published in the blog is protected by copyright. To copy the portions of the blog, and/or use any images from this blog please send an e-mail to me at kaniadachlan@yahoo.com  or just simply credit it back to my blog.


I own most of the photographs on this blog however if you do own the copyright to any content on this blog and like it to be removed  or credited please contact me and i'll do as per your request.




LET’S KEEP IN TOUCH :

Instagram : instagram.com/kaniadachlan
Youtube : http://bit.ly/1VyJYbH
Twitter : twitter.com/kaniadachlan
Blog  : www.kaniadachlan.com
Snapchat : kaniadachlan

You Might Also Like

0 komentar

DISKON 50K BELANJA di @SOCIOLLA

DISKON SKINCARE 15% + FREE ONGKIR